Thursday, May 8, 2014

Bika Caramel


Kue favorit ku, dari kecil sampai sekarang masih doyang banget sama kue ini. Dan menurun ke anak.anakku, khususnya yang kecil suka banget makannya.
Buatnya juga mudah, ga perlu mixer hanya menggunakan whisk hand.
Ini adalah resep lama milik mamaku, masih menggunakan gelas belimbing sebagai takarannya. Karena di sini aku ga punya gelas belimbing, maka aku minta ditimbangkan segelas belimbing itu berapa garam lalu aku convert dengan gelas yang aku punya (kira-kira 250 gr).
Setelah dapat ukuran gula dari gelas yang aku punya, dari gelas itu aku menakar semua bahan dari tepung terigu dan air. Gelas yang aku gunakan adalah gelas kaca seperti ada difoto ini.

Bahan-bahan :
2 gelas gula pasir.
2 gelas air.
1 1/2 gelas tepung self raising (1 1/2 gelas tepung terigu + 1 sdt baking powder).
1/2 gelas susu bubuk.
1/2 kaleng susu kental manis.
6 telur.
2 sdm menterga (margarin). Aku pakai margarin aja.
2 sdt baking soda, paras.
1/2 sdt vanili.

Caranya :
- Buat gula karamel di atas api sedang.


- Kecilkan api dan tuang air. Harus berhati-hati karena gula yang dicairkan akan mengeluarkan letupan dan uap panas jika dituang air. Setelah air dituang gula karamel akan mengeras. Tapi jangan khawatir, biarkan di atas api hingga mencair kembali dan bercampur dengan gula. Setelah tercampur akan mendapatkan 600 ml karamel cair. Sisihkan (Catatan : kalau hasilnya kurang dari 60 ml, tambahkan sedikit air hingga didapat 600 ml).

  

- Campur mentega / margarin, susu kental manis dan baking soda. Aduk hingga lembut dan licin dengan sendok makan. Sisihkan.


- Kocok telur dengan whisk hand hingga berbuih / berbusa, tidak perlu sampai kembang.

  

- Tuang campuran mentega dan aduk hingga tercampur rata.


- Campur tepung, susu bubuk, vanili dan baking soda.
- Tuang karamel cair dan campuran tepung secara bergantian hingga habis sambil terus diaduk dengan whisk hand, tapi yang pertama sekali dituang adalah karamel cairnya.

  

- Panaskan oven 170°C dan panggang adonan hingga matang. Lakukan tes tusuk dengan menggunakan tusuk gigi atau tusuk sate. Jika tidak ada adonan yang lengket, artinya sudah matang.


- Biarkan dingin, potong-potong lalu sajikan sebagai teman minum teh atau sarapan.


Nutrition Facts Widget Image

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan dan kalau ada juga link blog temans semua. Supaya aku bisa kunjungin balik. Salam kenal ya.Terima