Sunday, October 5, 2014

Cay Kwee 2 (Choi Pan)


Lagi kena flu karena cuaca tak menentu. Begitulah kalau autumn. Pakai baju tebal kepanasan, pakai baju tipis masuk angin, karena dari panas bisa tiba-tiba berubah dingin dan ujung-ujungnya saltum alias salah kostum...hehehe.
Akhirnya radang tenggorokkan, flu, pilek dan batuk. Kepingin makan yang pedes. asem supaya agak lega nafasnya.
Jadi sore ini bikin cay kwee atau choi pan. Aku posting sudah yang kedua kalinya tapi dengan berbeda versi. Resep yang  pertama menggunakan tepung beras dan tapioca sedangkan yang kedua ini menggunaka tepung saripati gandum (tapi karena ga nemu tepung saripati gandum aku ganti dengan tepung gandum dan tepung kacang hijau) dan tepung tapioca.
Hasilnya jauh lebih baik dari yang menggunakan tepung beras. Lebih lentur, kenyal dan lembut.


Bahan-bahan Kulit Cay Kwee :
150 gr tepung gandum (wheat flour) + 15 gr tepung kacang hijau (mung bean flour). Kalau menggunakan tepung sari pati gandum (Wheat Starch Flour / Tung Mein Fen) sebanyak 165 gr.
85 gr tepung tapioca.
Sejumput garam.
420 ml air panas yang baru mendidih.
3 sdm minyak goreng.

Bahan-bahan Isian :
200 gr lobak sawi, diparut.
1 wortel, diparut.
20 gr udang kecil kering (udang rebon), cuci dan tiriskan.
1/2 bawang bombay ukuran sedang, rajang kasar.
1 siung bawang putih, rajang kasar.
Sejumput garam.
2 sdm minyak untuk menumis.


Caranya :
- Persiapan Isian : Panaskan minyak, tumis bawang bombay, bawang putih dan garam hingga harum. Tambahkan udang kering, tumis hingga kemerahan. Tambahkan lobak sawi dan  wortel, tumis hingga tercampur rata dan lembut. Sisihkan.
- Persiapan Kulit Cay Kwee : Campur tepung gandum, tepung kacang hijau, tepung tapioca dan garam di dalam mangkuk ukuran sedang.
- Tuang air panas yang baru saja mendidih dan aduk dengan sendok kayu hingga kalis dan transparan. Tutup dengan kain dan biarka selama 30 menit.
- Panaskan panci kukusan hingga air mendidih.
- Tuang sedikit minyak di atas papan penggilingan dan ambil sedikit adonan lalu pipihkan setipis mungkin. Letakkan di dalam cetakan pastel. Lalu letakkan isian dan tutup rapat.
- Letakkan di atas daun pisang (aku tidak punya daun pisang sebagai alasnya aku ganti dengan plastik transparan) yang sudah diolesi dengan minyak sayur. Kukus hingga matang selama 5 menit. Lakukan hingga adonan dan isian habis.
- Siap disajikan dengan sambal cuka dan minyak bawang putih goreng.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan dan kalau ada juga link blog temans semua. Supaya aku bisa kunjungin balik. Salam kenal ya.Terima