Saturday, May 17, 2014

Martabak Manis


Jajanan pasar yang ini memang selalu disukai. Pancakenya orang Indonesia yang diberi taburan mesis, kacang tanah tumbuk dan keju parut. Membuatnya juga gampang, hanya dengan menggunakan wajan anti lengket. Tidak perlu spesial wajan untuk martabak manis.
Kalau ada wajan anti lengket dengan diameter 20 cm, bisa digunakan untuk membuat martabak manis di rumah. Tanpa ragi, hangan dengan baking powder dan baking soda.

    

Bahan-bahan :
250 gr self raising flour (atau tepung terigu protein sedang +2 sdt baking powder).
1/4 sdt garam,
25 gr gula pasir.
375 ml air.
1 telur.
1/2 sdt baking soda.


Bahan Taburan :
* Coklat mesis.
* Kacang tumbuk.
* Keju parut.
* Susu Kental Manis.
* Gula pasir.

    

Caranya :
- Campur semua bahan, kecuali baking soda dan biarkan selama 1 jam.
- Panaskan wajan teflon dan olesi dengan margarin / mentega lalu lap dengan kain atau tisu.
- Tuang adonan martabak secukupnya dan tunggu hingga martabak bersarang-sarang kecil dan taburi dengan gula pasir. Tutup hingga martabak matang dan permukaan mengering.
- Pindahkan ke nampan atau piring dan olesi permukaan martabak dengan margarin / mentega lalu taburi dengan coklat mesis, kacang tumbuk, keju parut dan terakhir tuang susu kental manis.
- Lipat martabak lalu olesi permukaan martabak dengan margarin / mentega lagi. Potong-potong dan siap untuk dihidangkan.

    

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan dan kalau ada juga link blog temans semua. Supaya aku bisa kunjungin balik. Salam kenal ya.Terima