Wednesday, March 19, 2014

Pepes Salmon Presto Bumbu Sunda


Ada ikan salmon yang kecil-kecil di kulkas, enaknya dibuat pepes aja. Dan juga masih ada daun pisang. Kalau beli daun pisang harus direncanakan dengan matang, mau dibuat apa aja. Karena kalau terbuang percuma kan sayang, harganya mahal di sini. Selembarnya bisa 3€. Yuk kita buat pepes.

Bahan-bahan :
500 gr ikan salmon-
1 jeruk nipis.
5 buah cabe rawit hijau.
2 lembar daun bay.
1 lt air.
1 1/2 sdm minyak sayur.
Garam secukupnya.
Daun pisang secukupnya.
1 ikat daun kemangi. (skip, karena aku ndak punya stock).
1 cm lengkuas, memarkan.
2 batang serai, ambil putihnya dan memarkan.

Bumbu Halus :
4 cm jahe.
1/2 sdt kunyit bubuk.
1 bawang bombay ukuran sedang.
5 siung bawang putih.
1/2 sdt ketumbar bubuk.
5 butir kemiri.
1 sdt gula merah.
1/2 sdt pala bubuk.
1/2 sdt terasi.
1 sdm minyak sayur.
Garam secukupnya.

Caranya :
- Bersihkan ikan, lumuri dengan garam dan air perasan jeruk nipis dan sisihkan selama 10 menit. Dicuci dengan air, tiriskan.
- Lumuri ikan dengan bumbu halus dan sisipkan bumbu ke dalam perut ikan. Siapkan daun pisang, letakkan ikan di atas daun pisang dan taburi dengan bumbu di permukaan ikan. Bungkus ikan dengan daun pisang, dan diberi peniti dengan tusuk gigi atau potongan lidi.
- Siapkan panci presto, letakkan ikan yang sudah dibungkus dengan daun pisang.
- Tuang 1 lt air, 1 1/2 sdm minyak sayur, tambahkan cabe rawit hijau, daun bay, lengkuas dan serai. Tutup rapat dan masak selama 1 jam dan hingga air mengering.
- Sebelum diletakkan ke piring saji, lebih enak dipanggang dulu di atas wajan untuk memanggang hingga harum. Siap disajikan untuk makan siang dengan nasi putih panas.


Nutrition Facts Widget Image

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan dan kalau ada juga link blog temans semua. Supaya aku bisa kunjungin balik. Salam kenal ya.Terima