Tuesday, May 5, 2015

Tortillas Tepung Gandum


Ingin selalu mencoba membuat tortillas yang sempurna dengan hasil yang tipis dan lembut. Beberapa minggu yang lalu pernah mencoba dengan menggunakan tepung terigu protein sedang, hasilnya sangat renyah seperti crackers. Terus mencoba lagi dengan menggunakan tepung protein tinggi, hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, yaitu lembut. Sekarang aku mencoba dengan menggunakan tepung gandum (kebetulan banyak tepung gandum di rumah untuk membuat Rooti Bangla). Akhirnya dicoba untuk membuat Tortillas, hasilnya juga lembut. Tetapi aku lebih suka dengan tepung terigu protein tinggi.

Bahan-bahan :
3 cup tepung gandum (wheat flour).
1 sdt garam.
1 bungkus baking powder + vanili (25 gr / 3 sdt).
1/3 sdm olive oil.
1 cup susu cair hangat-hangat kuku.

Caranya :
- Campur tepung gandum, garam, baking powder. Tuang olive oil dan aduk hingga tercampur rata.
- Bikin lubang di tengah dan tuang semua susu cair hangat, lalu uleni hingga kalis dan mendapatkan adonan yang elastis.
- Bulatkan letakkan di dalam mangkuk dan tutup dengan serbet bersih yang lembab selama 15 menit. Bagi adonan menjadi beberapa buah. Sesuai dengan besar dan lebar yang diinginkan dan bulatkan.
- Panaskan wajan anti lengket, giling adonan setipis mungkin dengan roller pin dan panggang di atas wajan. Setelah ada spot coklat di satu sisi lalu balikkan ke sisi yang lainnya.
- Pindahkan ke piring dan lakukan hingga selesai.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan dan kalau ada juga link blog temans semua. Supaya aku bisa kunjungin balik. Salam kenal ya.Terima