Thursday, December 11, 2014

Roti Kura-kura


Lagi iseng main main sama bahan roti. Bosen ngeliat roti dibuletin aja. Jadi punya ide untuk bikin roti seperti model kura-kura. Nggak susah kok, bunder semua. Yang bikin beda hanya besar dan kecilnya. Lalu ditempelin. Untuk matanya diberi kismis. Bahannya roti manis (sweet buns).


Bahan-bahan :
150 gr tepung terigu protein tinggi.
200 gr tepung terigu protein sedang.
50 gr susu bubuk.
150 gr kentang rebus / kukus, haluskan.
1 bungkus ragi instant.
1/2 sdt garam.
2 sdm gula pasir.
22 gr madu (1 sdm).
1 telur, kocok lepas.
Susu cair hangat kuku secukupnya.
1 telur untuk mengoles.


Caranya :
- Campur tepung terigu, susu bubuk, kentang, ragi, garam, gula pasir dan telur. Aduk hingga tercampur rata.
- Tuang susu cair hangat kuku sedikit demi sedikit hingga tercampur rata, kalis dan tidak lengket di tangan.
- Bulatkan dan letakkan di dalam mangkuk plastik. Letakkan di tempat yang hangat, supaya mengembang. Aku meletakkannya di dalam oven atau microwave setelah dipanaskan sebentar (5 menit). Yang penting ovennya terasa hangat. Jangan lupa ditutup dengan serbet bersih selama 1 jam.
- Setelah mengembang, uleni sekali lagi hingga udara di dalam adonan benar-benar habis. Gunanya supaya seratnya halus.
- Untuk membuat model kura-kura. Untuk bagian badannya adonan seberat 150 gr, bulatkan lalu letakkan di loyang. Sebelumnya aku isi dengan coklat. Isinya terserah, sesukanya.
Untuk kepala seberat 25 gr, bulatkan dan letakkan menempel dengan bulatan yang besar. Untuk membuat kaki seberat 10 gr, bulatkan dan menempel di badan. Untuk matanya aku beri potongan kismis. Adonanku ini aku mendapatkan 3 buah roti kura-kura.
- Lalu iris sedikit bagian atas badan supaya mendapatkan model rumah kura-kura. Olesi dengan kuning telur permukaan roti kura-kura. Biarkan selama 10 menit sambil menunggu oven panas dengan suhu 180°C.
- Panggang hingga matang dan kuning keemasan.
- Siap disantanp hangat. Kalau mau untuk besok, simpan di tempat kedap udara. Rotiku ini bisa tahan 3 – 4 hari tetap lembut.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan dan kalau ada juga link blog temans semua. Supaya aku bisa kunjungin balik. Salam kenal ya.Terima