Tuesday, November 25, 2014

Apem Nasi


Banyak nasi yang tersisa, daripada mengeras dan dibuang sayang...mari berkreasi di dapur dengan membuat kue apen berbahan nasi. Biasanya apem hanya menggunakan tepung beras saja. Ini resep hasil blog walking dan menemukannya di Langsung Enak tapi aku modifikasi sesuai yang aku suka. Langsung eksekusi, tapi aku membuat hanya setengah resep aja.

Bahan-bahan :
1 gelas nasi.
1 gelas terigu.
1 gelas tepung beras.
1 sdt ragi instant.
1 gelas gula pasir.
1 gelas susu cair / air kelapa / air biasa. (Aku menambahkan susu cair).
Coklat bubuk / pasta coklat secukupnya. (Aku pakai coklat bubuk, karena tidak punyak pasta coklat).

Caranya :
- Panaskan panci kukusan hingga air mendidih, sambil menunggu air mendidih kita bisa membuat adonan apem.
- Haluskan nasi, gula dan susu cair dengan menggunakan blender.
- Campur tepung terigu, tepung beras, ragi di dalam mangkuk dan aduk hingga tercampur rata.
- Tuang nasi yang sudah dihaluskan ke dalam campuran tepung lalu aduk hingga tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal. Diamkan selama 1 jam.
- Bagi dua adonan dan salah satu diberi coklat.
- Tuang ke dalam cup apem yang sudah diolesi dengan minyak sayur, lalu kukus selama 20 menit hingga matang.

2 comments:

  1. kreatif, sisa nasi bisa jadi kue =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jd nggak ada alesan utk buang nasi ya...hehehe... Krn bs dibikin kue.

      Delete

Terima kasih untuk kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan dan kalau ada juga link blog temans semua. Supaya aku bisa kunjungin balik. Salam kenal ya.Terima