Saturday, December 14, 2013

Bubur Ketan Hitam


Bubur ketan hitam adalah salah satu jajanan pasar Indonesia, dibuat dari beras ketan hitam yang direbus lalu dituang santan kental yang sudah direbus terpisah. Enak dimakan ketika udara dingin. Kalau udara panas tinggal ditambahkan batu es.

Bahan-bahan :
250 gr beras ketan hitam, cuci lalu rendam 2 jam.
150 gr gula merah.
1 lbr daun pandan, potong dan disimpul.
1 ltr air.
2 jari jahe.
Gula secukupnya.
Garam secukupnya.

Bahan saus :
1 ltr santan encer.
1 lbr daun pandan, dipotong lalu disimpul.
Garam secukupnya.

Caranya :
- Didihkan air, tambahkan ketan dan pandan, masak hingga mendidih, kecilkan api. Aduk sekali sekali hingga ketan menjadi bubur.
- Tambahkan gula merah, garam, aduk. Tambahkan gula pasir kalau dirasakan masih kurang manis.
- Matikan api, biarkan dingin.

Cara membuat saus santan :
- Didihkan santan bersama garam dan pandan, sambil sesekali diaduk supaya santan tidak pecah.
- Biarkan dingin.

Cara penyajian Bubur Ketan Hitam :
- Ambil 1 - 2 sendok sayur bubur ketan hitam, tuang ke dalam mangkuk.
- Siram dengan saus santan.
- Siap disajikan.

Nutrition Facts Widget Image

8 comments:

  1. Suka banget makanan ini, sahabatnya bubur kacang ijo, hehe.. Jd pengen bikin buat suami deh rasanya mak, makasi ya resepnya.. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mak. Semoga suami suka ya

      Delete
  2. Makanan kesukaanku nih.ternyata gampang buatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Reema, gampang banget buatnya.

      Delete
  3. wah sudah lama gak makan bubur ketan hitam...ternyata gak terlalu susah ya bikinnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah banget mak. Ayo dibikin....:D

      Delete
  4. Waaah enak.......:)) blogwalking salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mak fee, terima kasih ya udah main ke sini.

      Delete

Terima kasih untuk kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan dan kalau ada juga link blog temans semua. Supaya aku bisa kunjungin balik. Salam kenal ya.Terima