Thursday, February 5, 2015

Croissant Wateroux


Biasanya yang dengan wateroux system membuat roti/buns dan donat. Kali ini aku mencoba membuat croissant dengan wateroux system. Yaitu membuat croissant dengan menggunakan adonan biang. Setelah itu baru dicampur dengan semua bahan.

Bahan-bahan :
550 gr tepung terigu (275 gr tepung terigu protein tinggi + 275 gr tepung terigu protein sedang).
50 gr gula pasir.
170 ml air hangat-hangat kuku.
100/125 ml susu cair.
1 bungkus ragi kering.
340 gr mentega / margarin dingin.
1 kuning telur.
1 sdt garam.
1 sdt vanili.


Caranya :
- Persiapan bahan biang (wateroux) : campur garam, air hangat-hangat kuku, ragi dan 150 gr tepung terigu dari 550 gr tepung terigu. Aduk rata.
- Tutup dengan wrap pax dan diamkan selama 1 jam.
- Dari campuran ini, buat lubang ditengah dan tambahkan kuning telur, separuh gula pasir dan 2 atau 3 sdm tepung dari tepung terigu yang tersisa. Aduk hingga tercampur rata.
- Tambahkan sisa gula, tepung terigu dan vanili dan aduk hingga tercampur rata lalu tuang susu cair, dan uleni hingga tercampur rata dan uleni hingga kalis dan elastis
- Bulatkan dan bungkus dengan plastik wrap, simpan di lemari pendingin selama 1 jam.
- Sambil menunggu 1 jam keluarkan mentega dari lemari pendingin dan dibungkus dengan kain bersih yang lembab, biarkan dalam suhu ruang.
- Setelah mentega dalam suhu ruang, giling tipis dengan ukuran lebih kecil dari lebar dan panjang adonan, sehingga adonan dapat menutupi seluruh mentega ketika dalam proses giling lipat. 
- Taburi meja kerja dengan tepung, letakkan adonan dan giling dengan rolling pin  persegi panjang dengan ketebalan 1 cm.
- Letakkan mentega di satu sisi atas adonan dan lipat dengan adonan dari sisi yang lain. Usahakan sisa adonan 1 cm dari mentega.
- Giling hingga mendapatkan 1 cm dan lipat dua kembali. Giling lagi hingga 1 cm dan lipat 2 kembali. Bungkus dengan plastik wrap dan simpan di lemari pendingin selama 30 menit.
- Keluarkan dari lemari pendingin. Taburi meja kerja dengan terigu dan giling hingga ketebalan 1/2 cm dan potong dengan bentuk segitiga dengan lebar 3 cm.
- Ambil sebuah segitiga , potong bagian tengahnya sepanjang 3 cm ke dalam. Beri isian kalau memang ingin ada isinya seperti selai atau keju dan gulung. Letakkan di atas loyang.
- Olesi dengan kuning telur. Lakukan hingga selesai lalu bungkus dengan aluminium foil dan simpan di dalam lemari pendingin selama 1 jam.
- Panaskan oven dengan suhu 200°C dan panggang croissant selama 20 menit hingga berwarna coklat keemasan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan dan kalau ada juga link blog temans semua. Supaya aku bisa kunjungin balik. Salam kenal ya.Terima